Kamis, 14 Maret 2013

Pengertian bela Negara dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara


Bela Negara adalah tekad, sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan pada negara kesatuan republik indonesia yang berdasarkan pancasila dan uud 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Bela negara harus dilakukan oleh seluruh warga negara indonesia sesuai kemampuan dan profesinya bukan hanya tugas TNI.


era reformasi membawa banyak perubahan di hampir segala bidang di republik indonesia.
Dampaknya antara lain :

-Merugikan bagi keutuhan wilayah dan kedaulatan negara kesatuan republik indonesia.

-Suasana keterbukaan pasca pemerintahan orde baru menyebabkan arus informasi dari segala penjuru dunia seolah tidak terbendung. berbagai ideologi, mulai dari ekstrim kiri sampai ke ekstrim kanan, menarik perhatian bangsa kita, khususnya generasi muda, untuk dipelajari, dipahami dan diterapkan dalam upaya mencari jati diri bangsa setelah selama lebih dari 30 tahun merasa terbelenggu oleh sistem pemerintahan yang otoriter.  

- Memudarnya semangat nasionalisme dan kecintaan pada negara. 

- Perbedaan pendapat antar golongan atau ketidaksetujuan dengan kebijakan pemerintah adalah suatu hal yang wajar dalam suatu sistem politik yang demokratis. namun berbagai tindakan anarkis, konflik sara dan separatisme yang sering terjadi dengan mengatas namakan demokrasi menimbulkan kesan bahwa tidak ada lagi semangat kebersamaan sebagai suatu bangsa.

- Kepentingan kelompok, bahkan kepentingan pribadi, telah menjadi tujuan utama.

- Bela negara biasanya selalu dikaitkan dengan militer atau militerisme, seolah-olah kewajiban dan tanggung jawab untuk membela negara hanya terletak pada tentara nasional indonesia. padahal berdasarkan pasal 30 uud 1945, bela negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara republik indonesia.

Berdasaran dampak yang begitu besar tersebut pada era reformasi jika dampak tersebut tidak dapat direduksi pada zaman ini  negara indonesia akan diambang kehancuran dari berbagai aspek karena kepentingan kelompok, bahkan kepentingan pribadi, telah menjadi tujuan utama. Alangkah baiknya para generasi muda pada masa kini meningkatkan kesadaran akan pentingnya bela negara pada kehidupan bernegara hal tersebut dapat dilakukan sesuai kemampuan dan profesi masing-masing warga negara indonesia.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar